News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Wajo Akomodir Anggaran Petugas Kebersihan di APBD 2020

Pemkab Wajo Akomodir Anggaran Petugas Kebersihan di APBD 2020

Satgas Kebersihan Kecamatan Tempe (foto: tribuntimur)
INILAHCELEBES.COM, Wajo - Tekad Pemerintah Kabupaten Wajo untuk mewujudkan Kabupaten Wajo menjadi Kabupaten yang bersih melalui Program "Wajo Mapaccing" yang dimulai di Kota Sengkang, Kecamatan Tempe sebagai Ibukota Kabupaten yang menjadi ikon "duppamata" Kabupaten Wajo begitu kuat.

Hal ini dibuktikan dengan terakomodirnya pengalokasian anggaran untuk petugas kebersihan dalam APBD Kabupaten Wajo Tahun 2020, yang anggarannya sama dengan anggaran Tahun 2019 yang lalu. Anggaran tersebut saat ini sudah siap untuk dibayarkan.

Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Wajo selaku Bendahara Umum Daerah (BUD) saat ini menunggu pengajuan pencairan dana dari Pemerintah Kecamatan Tempe selaku pengguna anggaran dan DLHD selaku leading sektor kebersihan.

Hak para petugas kebersihan yang menjadi perhatian Pemerintah Daerah yang telah mencanangkan Wajo Mapaccing ini merupakan wujud terima kepada mereka yang telah berjasa membersihkan Kota Sengkang setiap saat.

Kepala BPKPD, Armayani menjelaskan, pemerintah sangat serius dalam menangani kebersihan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah anggaran kebersihan dari tahun ke tahun.

Anggaran kebersihan tersebut bukan hanya dialokasikan di Kecamatan Tempe, melainkan juga di beberapa kecamatan yang dianggap membutuhkan dan mengajukan permintaan melalui Musrenbang dan mekanisme yang ada.

"Sejak tahun 2019 sudah dianggarkan di Kecamatan Tanasitolo lengkap dengan bantuan kendaraan roda 4 dan tahun 2020 ini dikembangkan lagi penganggarannya di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Belawa, Tanasitolo, Pitumpanua, dan Maniangpajo," ungkap Armayani, Selasa (21/01/2020).

Dikatakannya, anggaran kebersihan di kecamatan di luar Ibukota kabupaten dialokasikan pada anggaran Pemerintah Kecamatan.

"Hal ini ditempuh dengan harapan pengelolaan kebersihan dapat lebih efektif dan lebih efesien karena dianggap bahwa Pemerintah Kecamatanlah yang lebih mengenal wilayah dan karakteristik wilayahnya," pungkas Armayani. (Rls)

Editor: Fhyr

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar