Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

no-style

Gempa di Dua Titik Buat Warga Sulteng Panik

Inilah Celebes
Sunday, March 29, 2020 WIB Last Updated 2020-07-27T07:47:01Z

Pusat gempa pertama berada pada jarak 46 Km Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah di kedalaman 10 km. 
INILAHCELEBES.COM, Palu - Gempabumi Magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Sulawesi Tengah dan sekitarnya pada pukul 23.43 WITA, Sabtu (28/3/2020).

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.72 LS dan 120.14 BT.

Pusat gempa berlokasi di darat pada jarak 46 Km Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal yang berada di daerah sesar/patahan. 

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Palu III MMI, Sigi III MMI, Sausu III MMI, Poso III MMI, dan Pasangkayu III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. 

Getaran dirasakan oleh sejumlah orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Rumah-rumah penduduk juga bergoyang. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

"Saya sementara tidur, langsung lompat pas terasa ada getaran. Ada air saya simpan di dalam botol. Kentara sekali getarannya. Panik warga disini," kata Faidah, salah seorang warga Kota Palu.

Gempa susulan dengan Magnitudo 4,4 terjadi di 13 km BaratDaya Doda, Kabupaten Poso. 
Pukul 23.55 WITA, gempa susulan dengan Magnitudo 4,4 kembali terjadi. Pusat gempa berada di darat 13 km BaratDaya Doda, Kabupaten Poso. 

Titik koordinat gempa berada pada 1.78 LS dan 120.15 BT. Gempabumi ini dirasakan di wilayah Sigi II-III MMI.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Laporan: Fhyr
Komentar

Tampilkan

  • Gempa di Dua Titik Buat Warga Sulteng Panik
  • 0

Terkini