News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

8 Menu Sahur Sehat yang Disarankan di Bulan Ramadan, Simak Ulasannya!

8 Menu Sahur Sehat yang Disarankan di Bulan Ramadan, Simak Ulasannya!

Ilustrasi makan sahur (foto: merdeka)
INILAHCELEBES.COM - Sahur merupakan salah satu ibadah sunah di bulan suci Ramadan. Di dalamnya terdapat banyak keutamaan. Selain mengikuti sunah Rasulullah SAW, sahur juga sangat dibutuhkan untuk memberikan energi bagi tubuh orang yang berpuasa.

Namun, kadangkala sebagian orang merasa malas untuk makan sahur karena alasan mengantuk. Padahal, sahur ini sangat dianjurkan walaupun ada rasa kantuk yang tak tertahankan.

Tanpa sahur, tubuh Anda tidak akan mendapatkan asupan makanan maupun minuman selama kurang lebih 14 jam. Akibatnya, tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga jadi gampang lemas bahkan jatuh sakit.

Itulah sebabnya, sahur itu penting demi menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

Tubuh akan mengalami banyak perubahan selama puasa, terutama dari segi pola makan dan pola tidur. Saat berpuasa, Anda hanya boleh makan saat sahur dan berbuka saja, sehingga perubahan ini membuat tubuh jadi 'kaget' dan gampang lelah atau jatuh sakit.

Untuk menyiasatinya, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang saat sahur.

Sudah tahu apa saja menu sahur sehat yang disarankan untuk disiapkan? Bingung harus menyiapkan menu sahur sehat apa hari ini? Dikutip dari honestdocs, berikut tips sahur sehat:

1. Makanan sumber karbohidrat tinggi
Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, perut Anda tidak akan mudah merasa lapar saat sedang beraktivitas di bulan Ramadan.

Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi adalah nasi putih, nasi merah, jagung, kentang, dan roti gandum. Jadi, pastikan salah satu makanan tersebut ada di tiap santap sahur Anda.

2. Makanan berprotein
Kandungan protein sangat dibutuhkan untuk membuat menu sahur sehat Anda di bulan puasa. Layaknya karbohidrat, protein berfungsi sebagai cadangan energi agar tubuh Anda tetap bertenaga saat puasa.

Ada banyak makanan sumber protein yang bisa Anda pilih, salah satunya daging untuk membuat semur daging atau daging panggang. Jika Anda bosan dengan mengonsumsi daging, maka bisa Anda ganti dengan makanan lainnya, seperti tahu, tempe, ikan, atau ayam.

3. Buah dan sayuran
Setelah menyiapkan lauk pauk, jangan lupa lengkapi dengan buah dan sayuran. Menu masakan seperti sayur bening, sup sayuran, dan tumis sayuran tidak boleh dihilangkan saat sahur.
Ilustrasi buah dan sayuran (foto: medicalnewstoday.com)
Sediakan juga buah potong atau jus buah untuk menambah asupan vitamin dan mineral. Tidak masalah jika Anda menyiapkan buah yang sama saat sahur maupun berbuka, yang penting komponen yang satu ini ada di dalam menu sahur praktis maupun menu berbuka puasa sehari-hari.

4. Makanan kaya zat besi
Selama berpuasa, tubuh akan kekurangan zat besi dalam jumlah besar. Hal ini bisa menjadi masalah utama bagi penderita anemia (kurang darah).

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti kurma, hati, tomat, sayur bayam, dan sayur daun singkong.

5. Makanan yang mengandung magnesium dan kalium
Kandungan mineral yang juga penting bagi tubuh adalah magnesium dan kalium. Magnesium bermanfaat sebagai cadangan energi, sedangkan kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. 

Oleh karena itu, tambahkan juga asupan magnesium dan kalium ke dalam menu sahur sehat Anda. Contohnya dengan makan buah pisang, jeruk, dan alpukat.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan termasuk salah satu menu sahur praktis nan sehat yang tak boleh terlewatkan. Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi, protein tinggi, dan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Air putih
Saat sahur, pastikan Anda minum air putih yang cukup. Hal tersebut bertujuan agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi dan mencegah dehidrasi saat puasa. 

Ketika bangun sahur, mulailah dengan meminum air putih sebanyak 1-2 gelas. Kemudian setelah makan sahur, minum minimal satu gelas air lagi.

Selain dengan air putih, Anda juga dapat mengonsumsi jus buah, sup, atau makanan berkuah lainnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

8. Susu
Susu adalah minuman yang menyehatkan dan banyak kandungan gizi. Selain itu, susu juga sumber kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang.

Jadi, mengonsumsi susu saat sahur sangat baik bagi kesehatan. Anda bisa memilih berbagai jenis susu favorit Anda, salah satunya dengan susu kacang kedelai yang mengandung banyak protein. 

Editor: Fhyr

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di emial anda secara gratis.

Posting Komentar