News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Evaluasi Capaian Vaksinasi, Bupati Wajo Rakor Bersama Forkopimda

Evaluasi Capaian Vaksinasi, Bupati Wajo Rakor Bersama Forkopimda

Bupati Wajo pimpin Rakor Satgas Penanganan Covid-19 bersama Forkopimda
INILAHCELEBES.COM, WAJO – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Wajo menggelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Capaian Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (15/12/21).

Kegiatan ini dilakukan guna mengetahui perkembangan capaian dan kendala pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Wajo. Apalagi mengingat target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebesar 70 persen plus 1 di akhir Desember 2021 mendatang belum tercapai di Wajo.

Bupati Wajo, Amran Mahmud memimpin langsung Rakor ini yang didampingi Wakil Bupati Wajo, Amran dan Jajaran Forkopimda Wajo. Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras dari Satgas Penanganan Covid-19 Wajo dan dukungan dari TNI, Polri dan jajaran forkopimda sehingga data terakhir capaian vaksinasi Kabupaten Wajo sudah mencapai 51,34 persen untuk dosis 1 dan 27,29 persen untuk dosis 2.

"Meski demikian, upaya kita tidak boleh kendor. Bahkan harus lebih ditingkatkan lagi selama sisa hari terakhir bulan Desember ini untuk mencapai target 70 persen plus 1. Sehingga dibutuhkan upaya dan kreatifitas dari semua pihak untuk mencapai itu semua," ucapnya.

Sementara Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam menjelaskan bahwa aturan tentang pelaksanaan vaksinasi sudah jelas dalam Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021. Jadi, untuk penundaan pemberian bantuan dan layanan bagi masyarakat yang belum divaksin itu sudah diatur di dalamnya.

"Layanan SIM kami tidak layani sampai yang bersangkutan bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi. Begitu juga untuk operasi yustisi, saya minta agar jangan hanya cek masker, tapi juga sertifikat vaksin. Jika ditemukan belum vaksin, agar diarahkan ke tempat vaksin terdekat," ucapnya.

Sementara Kadis Kesehatan Kabupaten Wajo, Dr. drg. Armin menjelaskan bahwa untuk mempercepat laporan vaksinasi realtime, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Kominfotik Kabupaten Wajo dan Tim IT untuk menyiapkan aplikasi pelaporan realisasi online.

"Sesuai instruksi Bupati Wajo, kita sudah siapkan aplikasinya sehingga akan kelihatan nanti desa/kelurahan, kecamatan dan Puskesmas mana yang masih rendah progres capaian vaksinasinya," ucapnya.

Mantan Direktur RSUD Siwa ini juga menargetkan kepada 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Wajo agar bisa mencapai target 70% plus satu sampai tanggal 25 Desember 2021 mendatang. (Fhyr)

Editor: Hrd

Tags

Newsletter Signup

Masukan Email anda untuk mendapatkan Info update Terbaru kami langsung di email anda secara gratis.

Posting Komentar